Instagram

Minggu, 10 Mei 2015

Wisata Teluk Tamiang Kabupaten Kotabaru

Teluk Tamiang memiliki wisata bahari bawah laut yang tak kalah indahnya, yaitu gugusan terumbu karang. Kejernihan air laut yang dihidupkan dengan berbagai ikan yang beranekaragam jenis.
Untuk  menuju desa  teluk tamiang  yang berjarak 90 Km dari kabupaten kotabaru kita bisa menggunakan taksi pedesaan .  tapi belum adanya sarana transportasi umum yang memadai untuk wisatawan yang ingin menikmati  indahnya terumbu karang. Kondisi jalan yang memperhatinkan juga menjadi kendala perjalanan menuju keteluk tamiang.  Alternatif lain yang bisa dilakukan menuju Teluk Tamiang adalah jalur laut. Meski waktu tempuh relatif lama sekitar 7-8 jam dari Kotabaru menggunakan kelotok (perahu bermesin), yang dimiliki sebagian besar warga desa tersebut.
Teluk Tamiang
Kali ini perjalanan dari banjarbaru bersama Apache Trip Organizer berangkat ke teluk tamiang menggunakan sepeda motor(Alternatif lain Mobil/Elf) jarak tempuh banjarbaru-kotabaru yang lumayan jauh kurang lebih 300 km  membuat penat  diperjalanan. Sesampai di penyeberangan ferry  tim beristirahat untuk  mengendorkan kaki dan tangan yang dari tadi beraktivitas terus sekitar 6-7 jam dari banjarbaru. Dari penyeberangan tanjung serdang kotabaru dilanjutkan perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan untuk sampai keteluk tamiang.
Tanjung Kunyit
Desa teluk tamiang mayoritas bersuku mandar bugis, mata pencaharian mayarakatnya nelayan,bertani pembudidayaan rumput laut, ikan krapu, terumbu karang dan banyak lagi yang lainnya. disini kami mencoba untuk menelusuri pembudidayaan rumput laut  teluk tamiang.  Sebagian besar kepala keluarga bergantungkan hidup lewat budidaya rumput laut hampir di pinggiran pantai teluk tamiang terdapat rumput laut . Rumput Laut di panen 1 bulan sekali dan perawatan 1 minggu sekali karena akan banyak lumut yang mengganggu pertumbuhan  rumput laut.

Terumbu karang diteluk tamiang juga tidak kalah menarik untuk di explore hampir di sekitaran pantai banyak terumbu karang yang masih perawan. Kami ditemani Pak Sulaiman mantan kepala desa teluk tamiang yang pernah menjabat selama 25 tahun sebagai kepala desa,untuk meninjau langsung ke lokasi terumbu karang dengan kelotok balai perikanan.  Cuaca cerah mendukung perjalanan kami sekitar 10-15 menit sesampai dilokasi  kita sudah disuguhi terumbu karang yang terlihat diatas kelotok kedalaman air laut sekitar 2-3 meter dari permukaan laut jelas terlihat.

Banyak orang tidak mengetahui, Kalimantan Selatan tepatnya di Kabupaten Kotabaru memiliki potensi bawah  laut yang juga tak kalah dengan provinsi yang lain. Hanya saja potensi wisata yang satu ini kurang mendapat perhatian dari pihak pemerintah setempat. Bahkan, potensi alam bawah laut yang berada di desa Tamiang, Kecamatan Pulau Laut Barat(Lontar) adalah keelokkan alam bawah lautnya dan keindahan spot landscapenya. Hampir sepanjang garis pantai kawasan itu di penghujung Pulau Laut dengan air laut yang masih jernih,pasir putih itu tumbuh subur terumbu karang beraneka warna dan jenis. Buat para pecinta snorkling dan Diving sangat cocok untuk mencoba sensasi ini diteluk tamiang. Yang disayang sarana alat snorkling dan diving diteluk tamiang tidak tersedia dan kita harus membawa alat sendiri untuk melihat keindahan  bawah laut teluk tamiang.

Dan banyak lagi wisata kotabaru yang terletak di bagian barat kabupaten kotabaru untuk eksplore keindahan tunggu ya tulisan Tanjung Kunyit dan Pulau Birah Birahan.

Buat kawan kawan yang tidak mau repot dari wisatawan domestik diluar kalimantan kita bisa membantu anda untuk mengorganizer trip wisata anda di kalimantan selatan

Lainnya
Itinery Teluk Tamiang
Paket Wisata Teluk Tamiang


Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak kami

Bbm : APC012
Hp/WA : 085753190717

Instagram : ableh_apache

Email : paketwisatakalsel@gmail.com 

franky.master89@gmail.com

1 komentar:

  1. artikelnya bags kak, jdi pengen nih kesana bareng keluarga

    Lanjutkan

    BalasHapus