Instagram

Minggu, 07 Juni 2015

Perjalanan Banjarbaru ke Teluk Tamiang (Catper 1 Explore Pulau Laut Barat)

selamat siang setelah lama bergelut dengan catper Bamboo Rafting Loksado Catper1 dan Catper2 dan Bukit Langara  sekarang kita bagi cerita tentang pantai di kotabaru.Sebelumnya teman2 sudah susun sebuah trip ke teluk tamiang 2 minggu sebelumnya sudah janjian untuk melakukan perjalanan menuju sebuah desa teluk tamiang di kecamatan pulau laut barat, lontar. Bagi saya tidak asing lagi nama tersebut karena tahun 2013 saya pernah berpetualang ketempat ini bersama teman2 traveller banjarmasin bisa dilihat catpernya di sini Banjarmasin Traveller Trip Teluk Tamiang.


Suasana Pantai Pagatan

Pagi jam 9 berangkat dari  banjarbaru menggunakan sepeda motor berdua dengan teman penyuka petualang juga, perjalanan melewati kota pleihari, jorong , asam asam, sungai danau, pagatan, batulicin. di pagatan kami singgah dipinggir siring pantai pagatan bikin kopi dan masak mie (gaya backpacker) sebelumnya peralatan masak kami bawa buat bekal di jalan. Menikmati angin sepoy2 dsini banyak tempat buat nyantai ada yang jual es kelapa,kopi,pentol, makanan dll dengan suasana pinggiran pantai, berhubung kere kita masak sendiri lumayan buat mengurangi biaya :). Hampir 1 jam kami menikmati pantai pagatan hari udah mulai sore kami segera melanjutkan perjalanan menuju batulicin waktu jarak tempuh yang diperlukan dari pagatan ke batulicin sekitar 1 jam. Ada alternatif lain untuk bersantai di pagatan ada pantai rindu alam yang ditanami beberapa pepohonan, hampir pinggiran jalan pantai pagatan bisa kita menikmati keindahan pantainya.
pantainya biasa tapi pengelolaan siring untuk abrasi cukup menambah keindahan pantai

Kami memutuskan bermalam di rumah teman dibatulicin untuk mengumpulkan tenaga buat besok, mumpung dikota batulicin kami jalan2 malam dulu menikmati malam di batulicin kabupaten tanah bumbu,kota ini sudah mulai maju dengan fasilitas yang selalu bertambah malam terus berlalu kami berbagi bercerita untuk planning hari esok. Pagi jumat hujan tak berhenti saya sudah mulai khawatir karena jalan menuju teluk tamiang ada spot jalan yang masih rusak dan berlumpur, kekhawatiran menambah lagi ketiga teman dari serongga tiba tiba ragu untuk berangkat karena cuaca emang lagi tidak bersahabat. Setelah menunggu setelah shalat jumat tak kunjung reda juga, tapi kabar dari teman sudah meluncur kekota batulicin akhirnya kami bersiap dan menunggu walaupun cuaca masih gerimis, sebelum berangkat kami makan siang dulu, terimakasih buat ozan untuk makan dan nginapnya selama di batulicin (gaya backpacker).

Kamar ozan berantakan dapat kita (mumpung gratis hahaha)
Sore hari baru kami berangkat karena kendala hujan dan saling menunggu teman yang lain, walaupun cuaca masih gerimis, o ya bukan mau memaksakan kehendak untuk pending jalan, tapi berhubung kami banyak rombongannya jadi gak perlu khawatir ( disarankan keteluk tamiang rame2 jalan sepi dan jangan sore nanti kemalaman). Jam 7 malam kami baru sampai dilontar kami berinisiatif untuk mencari makan malam di lontar karena tidak ada warung makan yang buka bila udah malam (setau saya hehe) di teluk tamiang. Disini saya memutuskan untuk tidak makan karena perut masih gak bersahabat (bilang aja mau ngirit lagi haha). Teman pada lahap semua ya maklum cuaca dingin yang membuat cepat lapar, setelah itu kami melanjutkan kedesa teluk tamiang  menemui rumah pak ulaiman tempat kami bermalam. Masih seperti dulu Pak Sulaiman selalu menerima tamu yang datang ke desa teluk tamiang, ke ramah tamahan ini yang membuat saya senang di desa teluk tamiang.

Malam di dermaga masak mie + kopi Laperr
Setelah istirahat sebentar saya mengajak teman2 ke dermaga untuk menikmati malam dipinggir pantai, angin sepoy2 sambil memancing dan menikmati lampu2 perusahaan IBT kotabaru dari kejauhan, menambah kebersamaan ini semakin terasa. Masak mie dan bikin kopi benar2 nikmat dipinggir pantai, gak terasa waktu udah larut malam kami segera kembali ke rumah pak sulaiman untuk beristirahat.Sampai bertemu besok hari ya kita istirahat dulu.

Bersambung....


Tulisan lain tentang Teluk Tamiang :

Wisata Teluk Tamiang Kabupaten Kotabaru

Paket Wisata Teluk Tamiang

Itinerary Perjalanan Teluk tamiang

0 komentar:

Posting Komentar