Instagram

Kamis, 04 Juni 2015

Serunya Arung Jeram Bambo Rafting Loksado (Catper Loksado Bagian 2)

Hai sahabat travelling molor nih cerita perjalanan saya diloksado mohon maaf keterlambatannya hehe sebelumnya baca bag 1 Menikmati Suasana Malam di Loksado 

***
 
Dinginnya subuh menusuk tulak, jam 4 subuh terbangun mencari selimut buat penghangat, mata masih sangat berat untuk bangun tapi dinginnya tidak bisa dipungkiri akhirnya memberanikan diri menunggu pagi karena mata enggan terpejam.Sunrise malu malu keluar dari balik bukit dan pepohohan pegunungan meratus, embun mulai membasahi bumi, sungai mengalir tak berhenti dari hulu ke hilir, aktivitas pagi sudah di mulai, keluar dari homestay duduk diteras sambil minum kopi panas dan tiwadak(cempedak) goreng. memandang indahnya alam loksado yang asri yang selalu bikin ngangenin tempat ini.
Bambu yang nantinya buat ngarung

Joki Lanting (Bambu Rakit) lagi sibuk mempersiapkan peralatan pengarungan yaitu bambu2 yang tersusun rapi dan diikat menggunakan serat bambu muda, ditengah rakit di buat suatu dudukan untuk para tamu yang ingin mengarungi sungai amandit, bambu2 ini didapat dari hutan meratus,hutan ini begitu kaya akan kekayaan alam.Apa kalian generasi muda masih ingin menjaga hutan kita. Pilihannya ada pada diri anda :)

Jam 8 pagi kami bersiap membawa peralatan untuk di bawa saat pengarungan dari tas anti air, kamera , tongsis, snack, air mineral dll. Disarankan membawa kamera underwater atau go pro sensasi moto di saat pengarungan menambah nilai foto untuk dikenang. Joki sudah siap menunggu, kami sarapan dulu untuk memulihkan tenaga pengarungan membutuhkan waktu 2-3 jam.

Kalian juga harus cooba Arung Jeram Bamboo Rafting

Rumah Masyarakat di pinggiran Sungai Amandit


Pengarungan dimulai melewati sisi kiri sungai melewati jembatan bambu yang menghubungkan hostel dan rumah2 warga loksado, awas kepala seru saya dari belakang yang asik meabadikan foto2 :) . Berhati2 lah saat ngarung karena arung jeram di sungai amandit disepanjang jalan nanti ketemu ranting2 yang menjalar kearah sungai. Joki kami sangat handal sekali padahal arus sungai amandit lagi deras dan dalam. Pertama2 sih masih takut tapi setelah tau cukup aman berfantasi diatas rakit ini akhirnya saya, mas tatas dan istrinya semangat juga bermain air, niatan ingin tetap gak basah tapi disuatu jeram yang lumayan deras air nyiprat juga kearah kami, terlanjur basah kita jadi have fan aja kan bermain air masa takut basah hehe.. 1 jam perjalanan lumayan buat cape juga pertama kita stop disebuah air terjun kecil dan unik yang airnya yang turun disisi kanan sungai amandit.

Air Terjun dipinggiran Sungai Amandit


***

Di pertengahan jalan kami juga mampir untuk beristirahat melepas lelah selama diperjalanan saya membuka snack gaguduh tiwadak dan air minum wah rasa nikmat sekali makan di pinggir sungai ditemanin batu dan hutan yang hijaunya meratus membuat kami ingin berlama lama disini. Tapi kami bergegas untuk secepatnya melanjutkan karena matahari juga udah mau ditengah2 kita panasnya lumayan hehe tapi bermain rafting bagus saat panas karena spot foto Landcapenya dapat banget walaupun sedikit backlight. Suasana harmoni alam yang saling berirama, perbukitan yang luas sangat indah untuk dipandang, sesekali rumah rumah warga dayak kita temui meilhat mereka beraktivitas di sungai , alam ini membuat kita sadar betapa eratnya dengan manusia dan sang pencipta ALLAH SWT.



Hore akhirnya kami finish setelah pengarungan selama 2 jam 45 menit dari desa loksado ke momumen pahlawan, sedikit terkejut setau saya dulu finisnya di desa tanuhi,, setelah berbincang dengan joki kenapa gak finish dedesa tanuhi katanya sih gak dibolehkan lagi. Ntah lah gak mau terlalu mempermasalahkan semoga di kelola saja nanti sama pemerintah daerah untuk dermaga finishnya dengan baik. Menunggu jemputan mobil dan kami kembali desa loksado untuk makan siang, setelah itu ke homestay untuk bersiap kembali pulang ke Kota Banjarbaru  

Buat teman teman sahabat petulanng yang ingin menikmati alam Loksado bisa bergabung bersama kami untuk jadwal trip 2015 bisa lihat disini

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. wah asyik nih, mantap...
    salam kenal

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus