Instagram

Minggu, 19 Juli 2015

Aruh Bawanang Balai Adat Malaris Desa Loklahung Loksado 2015

Aruh Bawanang 27-28 Juni 2015


Aruh bawanang adalah aruh dayak meratus yang merupakan sujud syukur dari hasil panen yang sudah didapat setiap tahunnya..aruh bawanang merupakan aruh pertengahan yang dilaksanakan balai..dalam setiap tahunnya di laksanakan 3 aruh yaitu aruh basambu,bawanang dan aruh ganal. Aruh bawanang, selamatan sesudah panen masyarakat Dayak Meratus. Ritual Aruh Bawanang adalah sebuah kebudayaan unik yang hanya ada pada masyarakat Dayak Meratus.

Penyelangaraan upacara Aruh Bawanang bagi masyarakat di Balai Malaris ini mempunyai maksud-maksud tertentu sesuai kepercayaan Kaharingan. Diantaranya, mensyukuri nikmat tuhan yang telah memberikan anugerahNya, terutama terhadap keberhasilan panen mereka. Juga atas keadaan masyarakat desa yang tenteram dan tidak dilanda bencana, sehingga mereka dalam keadaan sehat dan dapat melaksanakan upacara atau aruh tersebut.

Dalam hubungannya dengan hal tersebut di atas, upacara ini juga bermaksud memohon kepada yang kuasa supaya diberikan rahmat dan rezeki pada tahun berikutnya atau tahun yang akan dijalani.Agar pahumaan atau ladang mereka tetap subur, tidak diganggu mangsa atau hama tanaman, sehingga mendapatkan hasil-hasil yang banyak. Dengan demikian sesudah panen nanti mereka akan dapat melaksanakan aruh kembali.

Aruh Bawanang


Upacara ini juga sekaigus untuk mewanangi atau menyelamati padi yang baru dituai agar beberkat ketika digunakan atau dimakan, yang apabila belum diwanangi mereka tidak boleh memakan atau menikmati atau menjualnya, sesuai dengan ketentuan adat yang mereka anut secara turun-temurun. Disamping itu juga mereka memohon agar mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan atau mencari uang untuk pembiayaan aruh pada tahun yang akan datang.

Damang / Pemangku Adat Memulai Aruh

Sesajen

Batandik, acara paling sakeral saat ritual


Untuk keperluan itulah mereka menyerahkan sesajen kepada Sang Hyang Wanang sebagai penguasa alam semesta beserta makhluk halus lainnya, seperti tokoh-tokoh di alam gaib dan roh-roh nenek moyang yang mereka hormati. Mereka menepati janji yang telah diikrarkan mereka sebelumnya kepadaSang hyang Wanang dan segala tokoh-tokoh gaib dan roh-roh nenek moyang, ketika upacara Aruh Bawanang tahun-tahun sebelumnya, sehabis panen dan akan menanam bibit baru di ladang atau pahumaan mereka.

Untuk yang ingin gabung ke Aruh Adat di malaris loksado kita tunggu sampai bulan September ya yang merupakan Aruh Ganal,yang juga aruh penutup tahun 2015. Booking dari sekarang :)


Info :
http://paketwisatakalsel.blogspot.com
IG : apache_trip_organizer
BBM : 74966460
Hp : 085248481912

Penyempurnaan tulisan sumber : http://adyfuaddi.blogspot.com/2011/11/ritual-masyarakat-dayak-meratus-di.html

1 komentar: