Instagram

Sabtu, 15 Agustus 2015

Taman Hutan Raya Sultan Adam 2015

Ditahun 2015 ini sudah banyak perkembangan yang terjadi di Tahura Sultan Adam Mandiangin, dari penanaman 1000 pohon yang sudah dilaksanakan tahun2 sebelumnya dan sekarang udah sedikit mulai terlihat phon2 yang tumbuh sedang, perbaikan jalan yang dulu rusak sekarang sudah ber aspal, dari segi penunjuk arah lokasi sudah cukup memadai, dan sekarang ada kandang rusa tempat untuk berkembangnya rusa. Adanya beberapa menara pemantau untuk melihat titik kebakaran, soalnya setiap tahunnya di musim kemarau tempat ini sangat rawan kebakaran, entah apa sebabnya, Mandiangin juga sekarang banyak sekali dikunjungin traveller yang lagi demam Hiking menikmati alam, hanya saja perlunya kesadaran dalam hal membuang sampah pada tempatnya, hampir ini seperti kebiasaan yang tak bisa dihilangkan membuang sampah sembarangan, Apa susahnya membawa sampah itu kembali ketempat nya yaitu tempat sampah, toh kita menikmati tempat tersebut lebih berat dengan isi makanan kok bawa kembali sampahnya yang udah kosong beratnya minta ampun. 

Dari sisi melakukan Hiking/Camping dalam menikmati alam, merasakan kebersamaan dengan membuat api unggun untuk tempat berhangat dalam nilai positif merefresh otak2 keram dalam kegiatan kota tidak salahnya di lakukan, tetapi jangan dilupakan setelah mau meninggalkan tempat kita Camp untuk tidak meninggalkan tempatnya saat bernyala/bara api, harus dipastikan mati semua ya, soalnya ini sangat membahayakan yang akan terjadi kebakaran, kita tidak tau api itu akan kemungkinan terjadi tertiup angin dan juga bagi anda yang perokok jangan membuang putung rokok sembarangan itu bisa saja akan memicu kebakaran disaat musim kemarau ini, Mari kita jaga kelestarian Alam yang ada Di Taman Hutan Raya Sultan Adam Mandiangin. Kalo bukan kita siapa lagi, marilah bersadar diri untuk Alam yang di ciptakan TUHAN. Setidaknya TUHAN akan melindungi kita dari bencana, tetapkan dalam keyakinanmu untuk mencintai Alam dan TUHAN MU.  
AKU, TUHAN dan ALAM.


***

Negeri di Atas Awan 2011

Kabupaten Banjar, Martapura selain terkenal dengan kota intan nya, banyak juga wisata yang  wajib dikunjungi salah satunya Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin .Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam tak hanya kaya dengan ragam flora dan fauna. Namun di dalam kawasan tersebut juga banyak terdapat lokasi wisata.  air terjun, perbukitan yang hijau hingga pemandian kolam belanda dan diatas puncak terdapat peninggalan Benteng Belanda. Tahura Sultan Adam Membentang dari kecamatan karang intan sampai kecamatan aranio. DIsini saya akan bercerita tentang Objek Wisata yang berada di Mandiangin yang merupakan kawasan Tahura Sultan Adam.
Untuk menempuh lokasi objek-objek wisata tersebut bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki . karena sulit bagi motor dan mobil untuk menembus lokasi. Tahura Sultan Adam Mandiangin  merupakan tempat favorite bagi pecinta alam, Bagi anak pecinta alam tempat ini sering dilakukannya diklat lapangan organisasi,  camping, dan juga tempat menghilangkan penat karena seminggu bekerja . Setiap weekend  ada saja yang ngecamp di tahura . karena lokasi tahura yang tidak terlalu jauh dari kota banjarbaru, sekitar 15 kilometer. Dari pusat kota banjarmasin sekitar 45 kilometer  untuk sampai ke tahura sultan Adam dapat di jangkau menggunakan mobil atau motor. Pohon rindang dari berbagai sudut membuat Udara sejuk alam tahura membuat keadaan semakin menyejukan hati penikmat alam bebas. 
Tengger
Morning

Di tahura ada salah satu tempat yang spot nya bagus untuk ngecamp yaitu tengger tahura, dari lokasi pusat tahura kita harus berjalan kaki sekitar 2-3 jam untuk sampai ke tengger. Dari atas tengger kita akan di sajikan pemandangan alam pegunungan meratus,bukit berirama seakan tidak ada putusnya danau riam kanan terlihat dari pandangan mata. Jika waktu subuh datang lokasi tengger ini akan terlihat embun pagi menutupi perbukitan dibawah tengger seakan akan kita berada di negeri di atas awan . Matahari terbit(sunrise) tiba tiba muncul dari balik bukit, membangunkan  kita dari dinginya malam di tengger. 
Sunrise dari atas tengger

Tahura Sultan Adam Mandiangin bisa menjadi alternatif pilihan tempat wisata yang murah dan menyehatkan karena hanya dengan membayar biaya masuk sebesar 2500 per orang, pengunjung dapat menikmati keindahan dan sejuknya udara pegunungan dan sensasi dinginnya camping di tengger Tahura.

Sebagian Tulisan Ini juga pernah saya muat di Blog Meraba Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar